Gadget gaming sudah berevolusi menjadi berbagai jenis varian. Mulai dari Gaming Console, Gaming PC, Gaming Laptop dan bahkan hingga ke Gaming Smartphone. Kali ini Picel kedatangan Gaming Laptop dari brand yang menjadi salah satu pioneer dalam dunia laptop dan gaming, MSI yaitu MSI Bravo 15 A4DDR.

Spesifikasi laptop ini sebagai berikut:

  • Processor AMD Ryzen™ 7 4800H
  • RAM 8GB DDR4 single channel
  • Storage NVMe 512GB
  • Integrated GPU AMD Radeon Vega Graphic 512MB
  • Discrete GPU AMD Radeon™ RX 5500M 4GB GDDR6
  • Layar IPS 15,6 inch 8-bit, dengan resolusi Full HD dan refresh rate 144Hz

DESIGN & BUILD QUALITY

Secara design, laptop ini cukup simple. Jauh dari ke-khas-an sebuah laptop gaming. Design nya cukup ngotak dengan sudut-sudut yang tegas, dan ada sedikit tambahan aksen pada sisi atas laptop ini, yang membuat tampilan laptop ini agak seperti trapesium.

Cover display laptop ini terbuat dari bahan aluminium yang di cat hitam dengan matte finish dan memiliki aksen hair-brushed, atau guratan-guratan yang setipis rambut, dan sebuah logo MSI Thunderbird chrome finish berwarna silver.

Kombinasi matte dan chrome finish, menjadikan laptop ini terkesan misterius, tapi terlihat cukup mewah. Seperti melihat jet tempur siluman, yang didesain agar tidak terlihat oleh radar.

Tapi meskipun begitu, display cover ini cukup bersahabat dengan sidik jari. Cover display ini mudah sekali kotor dengan cap jari kita, bahkan dalam keadaan tangan kering sekalipun. Jadi teman-teman yang concern banget sama kebersihan laptopnya, wajib deh bawa lap microfiber buat membersihkan laptop ini secara berkala.

Di sisi dalam, kita bisa menemukan kombinasi warna yang cukup enak dilihat. Warna merah terang menghiasi seluruh tombol keyboard. Warnanya bener-bener menyala, walaupun laptop dalam posisi mati.

Sisi bawah laptop ini juga terbuat dari bahan metal dengan banyak grill, sebagai ventilasi laptop ini. Karena secara dimensi, laptop ini tergolong tipis juga, jadi wajib memiliki ventilasi yang cukup banyak.

Dimensi pada laptop ini adalah 35.9 x 25.4, dengan ketebalan sekitar 2.17cm, dengan bobot hampir 2kg.

Beralih ke bagian I/O port, MSI adalah brand yang cukup selektif dalam menempatkan port pada laptop-laptopnya.

Pada sisi kanan MSI Bravo 15 A4DDR, bisa kita temukan:

  • 1 Kensington lock
  • 1 port LAN Ethernet RJ45
  • 2 port USB Type-C 3.2 Gen 1
  • 2 port USB Type-A 3.2 Gen 1
  • Dan 1 Port combo audio 3.5 mm

Dan pada sisi kiri kita bisa temukan:

  • Charging port
  • Dan 1 port full HDMI

Tidak ada DisplayPort atau ThunderBolt pada laptop ini. Jadi, dari segi konektivitas, kita harus puas dengan port-port yang disematkan MSI pada laptop ini.

LAYAR

Layar laptop ini memiliki bentang diagonal sebesar 15.6 inchi. Layarnya sendiri memiliki matte finish dan sudah dilapisi anti-glare. Tapi berdasarkan pengamatan Picel, lapisan anti-glare nya ini kurang maksimal ya. Kalo kita bawa laptop ini ke bawah sinar matahari atau ke tempat yang melimpah cahaya lampu, pantulan-pantulannya masih cukup terasa. Sehingga membuat layar ini jadi seperti wash-out dah bahkan terlihat redup.

Tapi pada layar ini terdapat kelebihan-kelebihan yang bisa membuat mata kita betah mantengin monitor laptop ini. Salah satunya adalah teknologi AMD FreeSync, yang diklaim AMD, membuat game menjadi anti lag dan anti stutter, yang menjadikan game berjalan mulus dan lancar jaya. Dan ditambah lagi dengan resolusi layarnya yang sudah full HD atau 1920 x 1080 dan refresh rate sebesar 144Hz, benar-benar memanjakan mata banget deh.

Panel IPS pada layar ini memungkinkan kita bisa melihat dari sudut-sudut yang cukup sempit. Dan akurasi warna nya sendiri sebesar 86% sRGB dan 63% AdobeRGB. Jadi untuk teman-teman yang concern terhadap akurasi warna, nilai segini masih cukuplah sebagai bahan pertimbangan.

Sebagai penopang layarnya, terdapat 2 buah engsel yang ringan sehingga bisa memungkinkan kita membuka layar laptop hanya dengan 1 jari saja. Dan engselnya ini mendukung kemiringan layar hingga 147 derajat.

Bezel layar ini seluruhnya berwarna hitam dengan matte finish, dengan ketebalan sekitar 0.7 cm pada sisi kanan dan kiri, 1.7 cm pada bezel atas di area webcam, dan 4 cm pada bezel bawah, yang juga tercetak tulisan MSI berwarna hitam dengan gloss finish, jadi terlihat cukup kontras dengan bezelnya.

INPUT DEVICE

Beralih ke bagian input device, laptop dibekali dengan laptop gaming dari SteelSeries, dengan single backlight berwarna merah menyala, yang memiliki 3x tingkat kecerahan. Travel distance dan feedback keynya pun sangat baik dan responsive, terutama untuk keperluan gaming.

Ukuran keynya cukup lebar, dengan background hitam dan frame merah menyala, membuat keyboard ini kontras dengan palm rest nya yang berwarna hitam. Dari segi layout, keyboard ini juga memiliki sedikit perbedaan dengan keyboard konvensional.

Jadi buat teman-teman yang terbiasa dengan layout keyboard qwerty standar, sepertinya harus menyesuaikan diri dengan layout keyboard ini.

Beralih kepada Touchpad, untuk ukurannya adalah 10.5 x 6.6 cm dan sudah support smart gesture. Posisi touchpad ini sendiri, letaknya tidak simetris ada di tengah-tengah body laptop, tapi sedikit menjorok ke kiri, jadi bidang palmrest sebelah kanan menjadi sedikit lebih lebar. Selain itu tidak ada lagi fitur2 tambahan pada touchpad nya.

PERFORMANCE

MSI Bravo 15 A4DDR yang kita review kali ini mempergunakan prosesor AMD Ryzen 7 4800H. Prosesor besutan AMD berarsitektur 7nm ini memiliki 16 inti, yang terdiri dari 8 inti fisik dan 8 inti virtual.

Sedangkan base frequency yang digunakan sebesar 2,9GHz yang bisa boost maximal 4,3GHz. Dan TDP nya sendiri sebesar 45W.

Untuk  menguji performa pada laptop ini, Picel menguji mempergunakan Cinebench R20, dan MSI Bravo 15 A4DDR mendapatkan skor sebesar 4.023 point. Berikut ini merupakan perbandingan dengan laptop dan PC yang Picel pernah review.

Untuk Rendering test BMW di aplikasi Blender, laptop ini dapat menyelesaikan 1 frame dalam waktu 4 menit 51 detik. Berikut ini merupakan perbandingan dengan laptop dan PC yang Picel pernah review.

Untuk PCmark 10 sebagai gambaran overall performa dari laptop ini, skor yang didapat adalah 8.619 untuk essentials, 7.120 untuk productivity, dan 7.291 untuk Digital Content Creation. Secara rata-rata laptop ini mendapatkan skor 5.483. Berikut ini merupakan perbandingan dengan laptop dan PC yang Picel pernah review.

GPU dari Laptop ini memiliki konfigurasi dual-GPU yaitu Integrated dari AMD Radeon Vega dengan sharing memory sebesar 512MB yang dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan.

Namun untuk urusan 3D ataupun Gaming, kita bisa mengandalkan Discrete Graphic Cardnya yaitu AMD Radeon RX5500M yang akan lebih mumpuni untuk menjalankan graphic intense application ataupun games. Memorynya pun sudah dedicated sebesar 4GB GDDR6.

Untuk melihat performa GPUnya, kita akan jalankan 3Dmark TimeSpy, dan hasilnya untuk CPU mendapatkan skor 6.299 dan GPUnya 4.420, sehingga secara rata-rata mendapatkan skor 4.673. Berikut ini merupakan perbandingan dengan laptop dan PC yang Picel pernah review.

Selanjutnya kita langsung test mempergunakan serangkaian game dengan konfigurasi graphic setting yang paling nyaman untuk dimainkan. Dan resolusi yang kita pakai adalah native resolution dari layarnya itu sendiri, yaitu Full HD.

  • Yang pertama GTA 5, dengan resolusi Full HD dan setting Very High, average framerate di 75.6 dengan max 110.8 dan min 50.8fps.

  • Untuk FIFA 19, dengan resolusi Full HD dan setting Ultra, average framerate di 58.4 dengan max 83.8 dan min 10.9fps.

  • Untuk game PUBG: Lite, dengan resolusi Full HD dan setting Ultra, average framerate di 88.4 dengan max 134.2 dan min 60.9fps.

  • Untuk game Need for Speed Heat, dengan resolusi Full HD dan setting Medium, average framerate di 48.1 dengan max 133.7 dan min 37.5fps.

  • Untuk game CS:GO, dengan resolusi Full HD dan setting High, average framerate di 77.6 dengan max 113.7 dan min 50.7fps.

  • Untuk game Valorant, dengan resolusi Full HD dan setting High, average framerate di 94.1 dengan max 126.3 dan min 66.5fps.

  • Untuk game Pro Evolution Soccer 2021, dengan resolusi Full HD dan dan setting High, average framerate di 57.2 dengan max 126.4 dan min 54.4fps.

  • Untuk game The SIMS 4, dengan resolusi Full HD dan setting Ultra, average framerate di 90.7 dengan max 153.5 dan min 2.9fps.

  • Game terakhir yaitu DOTA 2, dengan resolusi Full HD dan setting Best Looking (Ultra), average framerate di 68.6 dengan max 104.6 dan min 23.4fps.

Untuk final Test, Picel jalankan Adobe Premiere menggunakan Picel Premiere Benchmark, dan hasilnya laptop ini berhasil merender project 15 clips 4K dengan format H264 dan preset high quality 4K dalam waktu 8 menit 5 detik. Berikut ini merupakan perbandingan dengan laptop dan PC yang Picel pernah review.

Dari hasil beberapa test barusan, bisa kita lihat ya, kinerja CPU dan GPU nya bisa berjalan dengan baik. Dan seperti yang kita tahu, Ryzen 7 4800H ini adalah CPU mobile namun sekelas CPU desktop, jadi kemampuan komputasinya tidak usah diragukan lagi dengan kebutuhan daya yang lebih rendah dibandingkan desktop.

GPUnya sendiri sudah cukup bisa mengimbangi kinerja prosesornya, ya meskipun belum cukup maksimal. Karena masih ada beberapa utilization pada hasil benchmarknya, yang hampir mencapai nilai maksimal.

Kendala ini mungkin masih bisa di optimalkan, jika menggunakan memory dual channel, karena seperti yang Picel sebutkan di awal video, laptop ini hanya menggunakan memory DDR4 8GB single channel.

MULTIMEDIA

Dari sisi audio, laptop MSI Bravo 15 A4DDR sudah dilengkapi dengan 2 x 2W giant stereo speaker di sisi kanan dan kiri, pada bagian bawah laptop ini.

Suara yang dihasilkan cukup nyaring dan masih enak didengar. Ya walapun dari segi bass, suaranya masih kurang punchy. Walaupun begitu, berkat adanya tandem teknologi Nahimic Sound 3 Technology dan MSI Audio Boost, speaker ini mampu menghasilkan suara yang cukup lantang, surround, dan akan sangat memanjakan telinga kita saat bermain game. Apalagi jika menggunakan headphone yang mumpuni.

Pada pengetesan di volume maksimal, speaker ini dapat menghasilkan suara rata-rata 83.6db dan maksimal 90.3db.

Webcam pada laptop ini tidak terlalu istimewa ya. Hanya terdapat fitur standar yang disematkan perangkat ini. Kameranya sendiri memiliki resolusi 720p atau HD untuk perekaman video, dan 0.9mp untuk foto.

Webcam ini bisa kita matikan dengan menekan kombinasi tombol keyboard fn + f6, jadi terasa lebih aman buat kita yang peduli banget, dengan tingkat keamanan pada kamera laptop kita.

Dan untuk sisi konektivitas, MSI Bravo 15 A4DDR meneruskan tradisi dari MSI Alpha, dengan menggunakan wifi card dari Intel yaitu Intel WiFi 6 AX200 802.11ax 2×2 yang sudah support Bluetooth 5.1. Dengan adanya wifi 6 memastikan koneksi dengan bandwidth yang lebih cepat, tapi lagi-lagi Picel ingatkan, jaringan yang kita pergunakan secara end-to-end, juga sudah mempergunakan sertifikasi wifi yang sama.

BATTERY

Untuk baterai, MSI Bravo 15 A4DDR ini disokong dengan baterai berkapasitas 6-cell 51.300 mWh Lithium polymer, yang posisinya tertanam di bagian dalam body laptop ini.

Pada saat Picel melakukan pengujian menggunakan AIDA Extreme, baterai ini sanggup bertahan selama 1 jam 13 menit, dalam keadaan full load dan maximum brightness.

Sedangkan untuk pemakaian standar harian, menurut situs MSI, baterai ini sanggup bertahan selama 7 jam.

Laptop ini dilengkapi dengan charger yang memiliki daya sebesar 180W, dan charger ini dapat mengisi baterai laptop ini selama 2 jam 53mt dari 0 hingga 100%

UPGRADEABILITY

Untuk urusan upgrade, laptop ini bisa Picel bilang cukuplah.

Di sisi storage, disediakan 2 slot NVMe, yang salah satunya sudah terisi dengan SSD NVMe sebesar 512GB. Dan kita bisa menambah 1 buah SSD NVMe lagi, sesuai dengan kebutuhan kita, dengan max sebesar 2TB.

Dan untuk memory, juga disediakan 2 slot SODIMM DDR4, yang salah satu slotnya sudah terisi dengan 1 keping RAM SODIMM DDR4 dengan kapasitas 8GB.

Kita juga bisa menambah atau mengganti keping RAM yang saat ini terpasang, dengan kapasitas yang lebih tinggi, hingga 32GB. Dan jika kita ingin mengaktifkan fitur dual-channel nya, pastikan keping RAM yang terpasang memiliki kapasitas dan frekuensi yang sama.

Selebihnya tidak ada opsi upgrade untuk laptop ini.

SUMMARY

Overall menurut pendapat pribadi Picel, MSI Bravo 15 A4DDR ini merupakan laptop gaming yang bisa juga menjadi partner daily driver teman-teman sekalian.

Prosesor nya yang mumpuni ditambah spesifikasi GPU yang gahar, laptop ini tidak hanya tangguh diajak ngegame seharian, tapi sanggup diajak kerja berat seperti coding, design atau bahkan video editing.

Laptop ini memiliki desain yang tergolong biasa aja sebagai laptop gaming. Bentuknya tegas dan dan tidak ada gimmick yang macem-macem. Design model begini memiliki kekurangan tapi juga memiliki kelebihannya sendiri. Buat teman-temen yang suka dengan gadget game yang gaming banget, sepertinya ini kurang cocok ya.

Tapi.. buat temen-temen yang pengen punya laptop gaming, tapi terganjal SNI dan ISO, laptop ini cocok banget buat kalian. Laptop ini dijamin ISO deh…. Istri Sudah OK 😀

Ukuran layarnya yang sebesar 15.6 inchi juga membuat pengalaman ngegame lagi lebih terasa, karena viewing angle kita jadi lebih lebar, apalagi ditambah dengan teknologi suara Nahimic Sound 3 Technology dan MSI Audio Boost, membuat pengalaman gaming teman-teman sekalian menjadi luar biasa.

Laptop ini memiliki beberapa konfigurasi spesifikasi, untuk model yang paling rendah dengan Ryzen 5 4600H dengan RAM 8GB dan storage NVMe 256GB, dibanderol dengan harga mulai dari 12 jutaan. Dan Ryzen 7 4800 H, dengan RAM 8GB dan storage NVMe 512GB, dibanderol dengan harga mulai dari 14 jutaan.

Harga yang bisa dibilang cukup murah, mengingat beberapa brand yang memiliki spek sejenis, mematok harga termurah laptop gaming mereka mulai dari 16 jutaan.

Jadi paling itu aja review dari Picel kali ini terkait dengan MSI Bravo 15 A4DDR. Dan kalian bisa tonton video review untuk laptop ini melalui link dibawah ini ya.

Youtube Video

Laptop gaming dari MSI yang serba AMD – MSI Bravo 15 A4DDR Gaming Laptop Review Indonesia

https://youtu.be/JhSyAQ4mYPU

Gallery