Buat kita yang mau menjadikan rumah kita semakin pintar, kali ini Picel akan bahas beberapa device dari Vetto yang akan membantu mewujudkan impian kita tersebut dengan biaya yang terjangkau.

Buat kita yang bingung ini apa, secara garis besar ini adalah perangkat pintar yang bisa menjadikan hidup kita lebih mudah dan terorganisir. Dan yang menariknya juga kita bisa menghubungkan dengan Assistant kita seperti Google Assistant ataupun Alexa sehingga bisa kita kendalikan jarak jauh. Walaupun begitu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti koneksi internet yang selalu ada dan juga beberapa hal yang akan Picel sampaikan lebih detail di videonya.

Picel akan bahas mulai dari unboxing, tampilan desain, proses pairing, dan pengaturan yang bisa kita lakukan dari aplikasi Smart Life.

UNBOXING

Paket dari Vetto datang kepada Picel dalam bentuk bundle beberapa produk, yaitu sebuah smart light bulb, sebuah Vetto Smart Plug dan sebuah Multi Socket Extension. Dari segi packaging sih tidak ada yang istimewa ya. Setiap produk datang dengan box yang berisi masing-masing produk.

Design packaging nya mirip-mirip semua. Pada bagian depan kotak Smart Light Bulb terdapat gambar produk yang terdapat di dalam box tersebut. Di sisi kiri kotaknya terdapat keterangan fitur2 yang bisa dilakukan oleh Smart Light Bulb tersebut. Di sisi kanan terdapat QR Code untuk men-download aplikasi Smart Life dari Google Play Store atau Apple App Store. Di sisi belakang terdapat keterangan spesifikasi dari Smart Light Bulb tersebut. Di bagian atas terdapat logo Vetto dan di bagian bawah tidak terdapat gambar atau keterangan apapun.

Sedangkan untuk kotak Smart Plug, pada bagian depan, kiri dan atas nya menampilkan informasi yang mirip dengan kotak Smart Bulb. Perbedaannya hanya di sisi kanan yang menampilkan keterangan spesifikasi dan garansi 1 tahun. Dan di sisi belakang terdapat gambar konfigurasi sederhana Smart Plug tersebut.

Kedua kotak kemasan Smart Light Bulb dan Smart Plug sama-sama menggunakan skema warna kuning-merah, yang sekilas malah terlihat sebagai kotak obat batuk.

Sementara untuk packaging Multi Socket Extension terlihat biasa saja, seperti packaging yang biasa kita temukan kalau kita membeli alat-alat elektronik di toko.

DESIGN & BUILD QUALITY

Sekarang kita akan bahas design dan bulit quality masing-masing produk ya.

Yang pertama, untuk Smart Light Bulb, penampakannya ga jauh beda dengan kebanyakan bohlam LED konvensional. Dibalut dengan warna putih susu dan memiliki material terbuat dari plastik, feel dari bohlam ini terasa solid dan cukup kuat. Untuk bagian mountingnya menggunakan ulir dengan tipe e27.

Smart Light Bulb ini juga memiliki beberapa fitur, yaitu Energy Saving, Remote Control, Voice Control menggunakan Google Assistant atau Alexa, Wifi Connection, Dimmable dan Timer. Dimensi bohlam ini sendiri adalah 6 x 6 x 10,5 cm dengan berat sekitar 90gr.

Bohlam ini menggunakan tegangan AC sebesar 200-240V, dan produk yang Picel terima ini memiliki daya sebesar 7W. Dan bohlam ini juga memiliki 2 seting cahaya, yaitu setting warna putih warm ke cool white, dan setting multi color atau RGBWW. Color temperature pada bohlam ini sendiri berkisar antara 2700 hingga 6500 Kelvin, dan frequency wifi yang di support adalah 2.4 GHz. Smart Light Bulb ini juga sudah support Android dan iOS.

Untuk Smart Plug, dimensinya sendiri adalah 5 x 5 x 8,3 cm, dengan material body terbuat dari bahan Polycarbonat yang tahan panas. Bentuknya ga jauh beda dengan colokan-colokan listrik pada umumnya, dan Smart plug in sudah dilengkapi dengan saklar yang menyala biru jika terhubung dengan aliran listrik.

Smart plug ini juga memiliki fitur yang hampir mirip dengan Smart Light Bulb, sama bisa menggunakan remote control, wifi connection voice control via Google Assistant atau Alexa dan juga memiliki timer.

Input Voltage yang didukung device ini berkisar antara 100 hingga 240 V, dan arus listrik maksimumnya sekitar 16A. Daya maksimal yang dapat diterima oleh smart plug ini adalah hingga 3840 watt, jadi buat kita yang punya device haus daya seperti komputer masih bisa masuk lah kemampuan dayanya. Sedangkan untuk frequency wifi yang didukung seperti biasa hanya bisa 2.4Hz.

Dan yang terakhir, Vetto Multi Socket Extension. Dari semua perangkat yang Picel terima, cuma perangkat terakhir ini yang bukan merupakan Smart Device. Sebenarnya sih ya menurut Picel, karena tadi sudah ada Smart Plug maka kita colokan aja Kabel Extension ini ke Smart Plugnya. Jadi otomatis bisa ikutan smart deh, walaupun ya gak bisa matiin satu-satu tapi keseluruhan extensionnya.

Dimensi nya sendiri adalah 9,5 x 19,5 cm dengan ketebalan sekitar 4 cm. Dan untuk panjang kabelnya adalah 1.5 meter. Secara design sih ini adalah colokan percabangan yang biasa kita temukan di berbagai toko elektronik. Palingan ada 2 port USB yang dapat menghasilkan daya masing-masing 5V 2A atau 10 watt jadi kita ga usah nyari-nyari charger lagi kalo mau mengisi baterai HP ataupun gadget kita. Walaupun begitu, ada 2 hal yang agak mengganggu. Yang pertama tidak konsisten supply daya di 5V 2A karena kalau kita pakai kedua-duanya maka salah satu akan drop ke 5V 1.2 atau 1.3 ampere. Dan yang kedua masih belum support fast charging layaknya charger-charger jaman now. Tapi lumayan lah buat menghidupkan gadget-gadget kita yang gak butuh daya besar.

Alat ini memiliki 6 buat soket output yang terdiri dari 4 buah soket standar Eropa yang Type F atau 2 lubang layaknya di Indonesia dan 2 buah soket universal dengan 3 lubang yang bisa menerima aneka plug. Masing-masing soket listriknya bisa mengalirkan daya listrik sebesar 10 A dengan tegangan maksimal 250V, yang juga memiliki sebuah saklar pemutus sambungan listrik, menyala merah jika dalam posisi ON.

PAIRING PROCESS

Oke setelah kita sudah bahas detail dan design dari produknya, kali ini kita akan sama-sama pairing kedua device ini ke aplikasi Smart Life. Pastikan juga sudah ada aplikasi Smart Lifenya ya. Sekedar catatan bahwa agar maksimal penggunaan smart device seperti ini, pastikan kita punya koneksi internet yang stabil dan hidup terus ya. Kalau internetnya tidak tersedia, maka kita tidak bisa mengendalikan devicenya dan jadi seperti device biasa aja deh.

Aplikasi Smart Life ini nanti tinggal tekan tanda plus saja. Nantinya disebelah kiri akan ada kategori device, dan untuk review kita kali ini karena membahas Smart Light dan Smart Plug maka kita hanya terfokus pada dua kategori saja. Pairingnya harus satu-satu ya jadi tidak bisa sekaligus.

Untuk Smart Light, kita bisa masuk ke kategori Lighting dan pilih Light Source (Wifi). Kalau Smart Plug, tinggal pilih yang kategori Electrical dan pilih Socket (Wifi). Kalau sudah pilih, nanti tinggal pilih wifi yang mau dikoneksikan dan masukkan password wifinya. Oh iya pastikan bahwa Wifinya masih yang 2.4GHz ya frekuensinya. Kalau yang 5GHz masih belum disupport.

Setelah itu tinggal masuk ke tahap pairingnya. Tanda biasanya adalah lampu berkedip dengan tempo yang agak cepat, namun kalau belum ada tanda itu gak usah khawatir. Ikutin aja tahapan yang ditampilkan di layar agar devicenya masuk ke mode pairing. Nah kalau kita sudah terkoneksi dengan Smart Life, maka kita bisa atur nama dan juga assign groupingnya berdasarkan lokasi yang sudah kita set sebelumnya.

Nah dengan dikoneksikan kepada Smart Life, maka kita bisa memiliki kendali yang penuh terhadap kedua device ini. Untuk LED Lamp seperti biasa, kita bisa mengatur tingkat kecerahan, warna ataupun scene seperti night, read, working dan ada banyak lagi yang lainnya. Kita juga bisa atur schedule untuk hidup dan mati sesuai dengan keinginan kita atau timer untuk mematikan lampu setelah durasi yang kita atur.

Kalau untuk Smart Plug ini, kita juga sama bisa mengatur akan timer dan schedule seperti yang ada di lampu LED tadi. Dan yang menariknya disini bahwa kita bisa mengetahui tingkat pemakaian listrik yang saat ini sedang digunakan mulai dari tingkat ampere, voltage dan watt yang menghasilkan total kWH. Recordnya pun juga tersusun rapi berdasarkan tanggal dan bulan. Jadi kita juga bisa monitor penggunaan listrik kita.

Oh iya buat teman-teman yang mau menghubungkan dengan device assistant seperti Google dan Alexa, gak usah khawatir caranya ya. Cukup masuk ke bagian paling kanan yaitu Me, maka disitu nanti akan ada kolom Third-Party Voice Services. Untuk urusan device assistant ini Picel agak concern karena ada logo Siri di kotaknya, tapi nyatanya Picel gak bisa memanfaatkan Siri untuk mengendalikan Smart Device ini. Gak tau apa Picel yang gak tau settingnya, atau memang sekedar taruh logo Siri aja disitu. Takutnya kalau memang gak bisa, kan misleading ya informasinya.

Nah nanti kalau aplikasi Smart Life sudah terkoneksi dengan Smart Assistant kita, maka setiap kita masukkan device baru di Smart Life, langsung bisa dikendalikan via Assistant kita. Yang menjadi catatan, kita harus ingat nama device yang kita buat karena itulah yang menjadi identifikasi namanya di smart assistant. Ya prakteknya sih Google cukup canggih ya walaupun kita buat namanya smart socket, tapi pas kita bilang smart plug dia tetep ngerti.

SUMMARY

Overall menurut pendapat pribadi Picel, Vetto Smart Device Kit yang Picel terima ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Kalau kita lupa matiin lampu ataupun listrik, tinggal masuk ke aplikasi ataupun via google assistant bisa langsung mematikan dari jarak jauh. Buat teman-teman yang mau memulai konsep Smart Home pada tempat tinggalnya, Smart Light Bulb dan Smart Plug ini bisa menjadi awal yang cukup.

Smart Plug nya cukup secure jika digunakan. Kita bisa memutus atau menyambung aliran listrik hanya dengan perintah suara atau timer yang sudah kita atur. Demikian juga dengan Smart Light Bulb nya. Kita bisa mengatur on/off, tingkat kecerahan dan bahkan kombinasi warna, hanya dengan perintah suara.

Tapi Smart Light Bulb yang Picel terima ini hanya memiliki daya 7 watt, dan kalo buat Picel ini masih kurang terang untuk keperluan Picel. Tapi kembali lagi ke teman-teman sekalian. Jika mau membeli produk ini, sesuai dengan keperluan masing-masing.

Dan kalo untuk Multi Socket Extension nya, ga banyak yang bisa Picel jabarkan mengenai alat ini. Alat ini berfungsi sebagaimana seharusnya, dan hanya dengan sedikit tambahan fitur, yaitu adanya port USB.

Untuk harga, smart plug dibanderol dengan harga 117.800 saat video ini Picel buat, smart light bulb 7 watt di harga 95.000. Tapi ada juga promo bundling yang lebih hemat yaitu Smart plug beserta smart Light Bulb yang 9 watt bisa didapat dengan harga 180.000. Dan untuk Multi Socket Extensionnya dibundling di harga 117 ribu dengan panjang 1.5 meter.

Jadi paling itu aja review dari Picel kali ini terkait dengan Vetto Smart Device Kit. Dan kalian bisa tonton video review ini melalui link berikut ya.

Youtube Video

Mini PC dari ASUS?! Gimana ya performanya? – Asus Pro MiniPMau mulai Smart Home murah meriah?? Vetto Smart Device Kit (Smart Bulb & Plug) Review Indonesia

Gallery