Nvidia pada tanggal 20 September 2022 baru saja merilis produk terbaru mereka yaitu GeForce RTX 4000 series. Lini produk ini sendiri berada diatas dari GeForce seri 3000 yang sudah berusia 2 tahun.

Sumber: Nvidia

Didukung oleh arsitektur RTX generasi ke-3 yaitu NVIDIA Ada Lovelace yang ultra-efisien, diklaim menjadikan RTX 4000 Series jauh lebih cepat terutama buat para gamer dan juga kreator terutama dalam urusan grafis plus AI.

Sumber: Nvidia

Secara performa game pun, dengan kehadiran DLSS 3 menjadikan performa untuk game terbaru bisa lebih cepat hingga 2X. Atau untuk game yang sudah full ray-traced, diklaim bisa mendapatkan peningkatan hingga 4X lipat. Untuk para kreator, ada juga dampak yang bisa didapatkan yaitu untuk urusan rendering 3D design, export video, ataupun AI tools lainnya bisa mendapatkan kinerja hingga 2X lipat.

Performa

Sumber: Nvidia

3840×2160 Resolution, Highest Game Settings, DLSS Super Resolution Performance Mode, DLSS Frame Generation on RTX 40 Series, i9-12900K, 32GB RAM, Win 11 x64. All DLSS Frame Generation data and Cyberpunk 2077 with new Ray Tracing: Overdrive Mode based on pre-release builds.

Ray Tracing

Sumber: Nvidia

Arsitektur Ada memiliki kemampuan ray tracing, yang mensimulasikan bagaimana pantulan cahaya seperti di dunia nyata. Dengan hadirnya RTX 40 Series dan RT Cores generasi ketiga, kita bisa merasakan dunia virtual yang sangat mendetail yang belum pernah ada sebelumnya.

NVIDIA DLSS 3

Sumber: Nvidia

DLSS adalah terobosan revolusioner dalam grafis bertenaga AI yang bisa meningkatkan kinerja grafis. Didukung oleh Tensor Cores dan Optical Flow Accelerator generasi keempat baru pada GPU GeForce RTX 40 Series, DLSS 3 menggunakan AI untuk membuat frame tambahan berkualitas tinggi.

Laptop bertenaga AMD Ryzen™ 6000 Series Processor layak menjadi pilihan karena efisiensi daya optimalnya dan performa maksimal berkat arsitektur 6 nm untuk X86 sehingga dapat meningkatkan performa sekelas desktop dengan daya tahan baterai hingga 24jam.

NVIDIA Reflex

Sumber: Nvidia

GPU NVIDIA Reflex dan GeForce RTX 40 Series menghadirkan latensi terendah dan respons terbaik untuk keunggulan kompetitif tertinggi. Dibuat untuk mengoptimalkan dan mengukur latensi sistem, Reflex menyediakan perolehan target yang lebih cepat, waktu reaksi yang lebih cepat, dan presisi bidikan terbaik untuk game kompetitif.

Untuk modelnya, saat ini terbagi atas 3 jenis yaitu GeForce RTX 4090 sebagai lineup paling tinggi dengan memory sebesar 24GB, dibawahnya ada RTX 4080 dengan memory 16GB, atau yang paling rendah RTX 4080 dengan memory 12GB.

Dan untuk harga resmi dari Nvidia untuk ketiga GPU tersebut adalah:

  • GeForce RTX 3090 (24GB) $1,599 -> ekuivalen 24 juta rupiah
  • GeForce RTX 3080 (16GB) $1,199 -> ekuivalen 18 juta rupiah
  • GeForce RTX 3080 (12GB) $899 -> ekuivalen 13.5 juta rupiah

Tergolong wow juga ya harganya. Tapi ya kita sama-sama ngerti ya, nanti sampai ke Indonesia udah bisa berapa deh ini harganya. hehe.. Jadi yuk mari kita nabung!

Buat yang mau nonton Keynote dari Nvidia ini, bisa cek link dibawah ini ya:

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *