Kali ini Picel kedatangan sebuah mouse gaming yang bisa kita pertimbangkan tanpa perlu merogoh budget dalam-dalam. Dan mouse gaming ini datang dari brand Digital Alliance. Seperti apa detailnya? Let’s check it out!

Halo gais, balik lagi bersama Picel dan kali ini kita akan review sebuah gaming mouse dari Digital Alliance yaitu Luna X2. Mouse ini harapannya bisa jadi pelengkap gaming kita terutama yang budget yang terbatas. Kita akan lihat mulai dari penampakan kotak, isi paket penjualan, hingga produknya itu sendiri.

UNBOXING

Paket penjualan dari Digital Alliance Luna X2 ini terdiri dari 2 warna utama yaitu orange dan hitam. Dibagian depan kita bisa menemukan penampakan produknya dan dibagian belakang terdapat juga produknya beserta detail spesifikasi mouse beserta sensornya.

Di kotaknya ini kita bisa melihat produknya secara langsung, caranya cukup membuka panel depan dari boxnya. Maka akan langsung terlihat produknya yang dilindungi oleh mika plastik transparant dengan latar belakang orange.

Dalam paket penjualan, tergolong straight forward dan simple. Hanya terdapat produknya beserta dengan buku manual dan garansi. Selebihnya tidak ada apa-apa lagi dalam paket penjualannya.

DESIGN & BUILD QUALITY

Secara tampilan dari luar, Digital Alliance Luna X2 mouse ini terlihat sangat gaming banget. Banyak sudut-sudut tajam dan juga lekukan designnya menunjukkan bahwa ditujukan buat kita yang mau mouse yang ergonomis namun juga fungsional.

Dimensi dari mouse ini tergolong cukup besar yaitu dengan dimensi 13.5 x 7.8 cm dengan ketinggian 4.4 cm dan berat 108 gram. Untuk berat dari mouse ini sih bisa dibilang ringan ya sehingga bisa jadi beberapa dari kita akan berasa kurang pas, namun hal tersebut dibantu oleh dimensi yang cukup besar dan sangat nyaman untuk dipergunakan terutama buat Picel yang punya tangan cukup besar. Adanya thumb rest atau tempat untuk meletakkan jempol kanan kita membantu kenyamanan bermain dalam waktu lama.

Namun untuk designnya ini hanya difokuskan buat kita yang mempergunakan mouse dengan tangan kanan. Jadi buat kita yang kidal, tidak akan nyaman mempergunakan mouse ini.

Secara material, Digital Alliance Luna X2 gaming mouse terbuat dari plastik dengan dua finishing yang berbeda. Mayoritas finishing mouse ini adalah matte dengan logo Digital Alliance tepatnya dibawah klik kiri, dan ada juga garis-garis di sisi mousenya dengan finishing glossy.

Dibagian atasnya ini terdapat beberapa kendali dan tombol dengan fungsi yang berbeda. Mouse ini datang dengan tombol klik kiri dan kanan, dan scrolling wheel yang sama dengan mouse pada umumnya. Diluar itu, ada 7 tombol tambahan yang terletak di tiga area berbeda.

Untuk 2 tombol tambahan pertama berada di samping kiri klik kiri. Tombol yang paling atas berfungsi sebagai triple click, ini berguna banget untuk game yang mengandalkan click mouse dalam mekanisme gamenya. Karena daripada click kiri sebanyak 3 kali, ini cukup menekan 1x tombolnya. Picel sering pakai fitur ini kalau main game-game idle clicker yang ada di Android via emulator di PC, jadi gak capek ngetap layar lagi.

Dan tombol berikutnya adalah untuk mengubah animasi dari RGB lightnya. Iya, di mouse ini sudah terdapat RGB light dengan beberapa animasi bawaan. RGB mouse ini terdapat di logo Digital Alliance dan juga dibagian belakang dari mousenya. Total animasi yang ada di mouse ini ada 11 preset dan tidak ada pengaturan lanjutan seperti pengaturan kecepatan ataupun warna secara manual. Jadi harus puas dengan preset yang ada saja.

Selanjutnya untuk 2 tombol berikutnya ada di bawah dari scrolling wheelnya. Kedua tombol tersebut berfungsi sebagai pengubah DPI mousenya, tombol yang atas untuk meningkatkan DPI sedangkan tombol bawah untuk menurunkan DPInya. Ada 5 tingkat sensitivity yang bisa dipilih, dan pada saat kita merubah DPInya, maka akan indikator di LED indikatornya. Ungu merupakan indikator sensitivitas paling tinggi, kemudian ada orange, biru, hijau, hingga merah untuk sensitivitas paling rendah.

Sensor yang terdapat di Digital Alliance Luna X2 gaming mouse ini mempergunakan sensor Optical dari Pixart PMW3325, yang adalah salah satu budget level untuk gaming mouse sensor. Sensornya ini memiliki DPI hingga 5000 DPI, pooling rate hingga 1000 Hz, tracking speed 100 ips, dan acceleration 20g.

Optiknya terletak dibagian bawah dan berbeda dengan sensor laser yang mempergunakan laser berwarna merah, pada mouse ini tidak terlihat apa-apa kalau kita lihat bagian bawahnya.

Di area terakhir, berada di sisi kiri bawah tepatnya di area thumb rest terdapat 3 tombol. Yang pertama adalah 2 tombol untuk next dan back window ataupun page di browser. Dan yang terakhir ada tombol untuk mengaktifkan high precision. Ketika kita tahan tombol tersebut, maka sensitivitas cursor akan turun ke minimum namun DPI akan naik ke maksimal dan ini dibutuhkan untuk kita yang mencari akurasi tinggi.

Dengan total 10 tombol tersebut, memastikan fitur-fitur utama dari mouse beserta dengan fitur tambahannya bisa kita akses dengan mudah walaupun tidak ada aplikasi pendukung.

Untuk tombol yang ada di mouse ini mempergunakan switch Huano. Huano ini banyak dipakai di mouse-mouse, karena walaupun lebih murah dibandingkan Omron, namun pada penggunaannya terasa lebih tactile and juga tidak rentan terkenal penyakit double click seperti yang sering terjadi di switch Omron. Feedback dari keynya terasa ringan dan juga menghasilkan frekuensi suara yang lebih tinggi dibandingkan Omron. Dan untuk ketahanan dari switchnya ini sendiri diclaim bisa bertahan hingga 20 juta click, yang harusnya lebih dari cukup ya untuk penggunaan gaming ataupun harian.

Kalau urusan koneksi, Digital Alliance Luna X2 Gaming Mouse mempergunakan kabel dengan panjang 1.75 meter yang memiliki kabel braided untuk meningkatkan durabilitasnya. Dan diujungnya mempergunakan konektor USB type-A dengan gold platted finish. Untuk urusan panjangnya sih sebenarnya kalau bisa agak sedikit lebih panjang agar lebih mudah kalau kita colokkan ke belakang PC yang letaknya dibawah meja. Sebenarnya bisa diakalin dengan pakai usb extender sih kalau memang gak mau repot.

SUMMARY

Overall menurut pendapat pribadi Picel, mouse gaming dari Digital Alliance yaitu Luna X2 ini merupakan sebuah mouse budget level yang bisa menjawab kebutuhan gaming kita tanpa perlu mengeluarkan uang banyak.

Dibanderol dengan harga 250 ribu rupiah menjadikan mouse ini menjadi sangat menarik sekaligus terjangkau. Secara tampilan sih sangat jelas bagaimana design gamingnya begitu terasa, dan ditambah dengan RGBnya dibagian atas dan bawah menjadikan mouse terlihat tidak murahan.

Walaupun begitu, memang tidak bisa dipungkiri bahwa berat dari mousenya ini tergolong ringan dan Ketika kita pegang baru terasa dibandingkan dengan mouse gaming yang memiliki kelas diatasnya. Tapi yaw ajar sih kalau mengingat kembali harga yang ditawarkan.

Dan juga dengan adanya 10 tombol kendali di mouse ini menjadikan fitur yang dapat membantu kita dalam pengaturan DPI, RGB pattern, hingga fungsi triple click. Walaupun sayangnya di manual tidak terdapat informasi mengenai fungsi-fungsinya sehingga kita harus cari tahu sendiri fungsinya. Tapi harusnya kalau kalian sudah nonton video ini, jadinya sudah tahu apa-apa saja ya fungsinya.

Jadi paling itu aja review dari Picel kali ini terkait dengan Digital Alliance Luna X2 Gaming Mouse. Dan kalian bisa tonton video review untuk gaming mouse ini melalui link dibawah ini ya.

Youtube Video

Mouse Gaming Pro hanya 200-ribuan?? Digital Alliance Luna X2 Gaming Mouse Review Indonesia

Gallery