Untuk kita yang sedang butuh monitor tambahan terutama untuk menunjang prodaktifitas kita dimasa seperti sekarang ini, maka kali ini kita kedatangan monitor dari Acer yaitu Acer EK240Y.

Monitor ini bukanlah monitor high end, namun ini merupakan monitor entry level yang mungkin cocok banget buat kita yang butuh sebuah monitor namun gak mau merogoh kocek dalam dalam. Dan untuk monitor yang akan kita review kali ini memiliki layar satu tingkat di atas monitor Acer sebelumnya yaitu EK220Q dalam segi ukuran layar. Dan buat kita yang belum nonton video sebelumnya, bisa check link berikut ini ya.

Monitor buat WFH 1 jutaan saja! 22 inch + FullHD – Acer EK220Q Monitor Review Indonesia

DESIGN

Dalam paket penjualan dari monitor Acer EK240Y, kita akan mendapatkan beberapa hal :

  • 1x unit Monitor
  • 1x Kabel HDMI ke HDMI
  • Power Adaptor
  • Monitor Stand (Yang terbagi menjadi 2 pcs)
  • 2x baut (Untuk mengencangkan monitor Stand)
  • 1x manual book (beserta dengan kartu garansi)

Secara desain monitor dari Acer ini tuh berdesign sangat simpel, bentuknya terlihat biasa aja mulai dari sisi depan dan juga belakang. Namun ini sangat wajar mengingat monitor ini ditujukan sebagai entry level monitor. Untuk material dalam monitor ini mempergunakan bahan plastik namun dengan dua jenis finish yang berbeda.

Bezel pada monitor ini mempergunakan glossy finish, dan sisanya dibagian belakang dan stand monitor ini mempergunakan bahan Matte finish dengan tekstur yang agak sedikit lebih kesat namun rentan menjadi fingerprint magnet. Kalau untuk ukuran bezel layarnya adalah 0.7cm dibagian kiri dan kanan, 0.9cm dibagian atas dan 1.2 cm dibagian bawah

Dimonitor ini terdapat 2 Logo Acer yaitu yang pertama berada di bagian depan tepatnya di bezel Bawah dengan aksen warna abu-abu.  Dan yang kedua ada logo Acer yang di emboss di bagian belakang tepatnya di sisi kanan monitor.

Dimensi dari monitor Acer EK240Y ini jika mempergunakan stand adalah 55.1 x 38.9 dengan kedalaman 19.2 cm dan berat 2.9 kg. namun dimensi dari monitor ini jika tidak mempergunakan stand adalah 55.1 x 32.5 cm dengan kedalaman 3.7 cm dan berat 2.5 kg.

EK240Y itu memiliki sebuah stand yang cukup lebar dengan dimensi 22 x 18 cm. dengan Stand yang cukup lebar bisa menjadi tempat buat kita taro pajangan ataupun sekedar taro handphone juga bisa. Namun dengan ukuran yang cukup lebar ini juga bisa menjadi hambatan terutama buar kita yang memiliki area meja yang terbatas,

Stand monitor ini hanya mendukung pengaturan layar dengan mode tilt, atau pengaturan viewing Angle ke arah atas atau bawah. Dan tingkat kemiringannya yang disupport adalah sebesar -5 hingga 20 derajat. Dan selebihnya, kita tidak bisa mengatur ketinggian ataupun rotasi dari layarnya.

Namun buat kita yang mau pengaturan layar monitor yang lebih fleksibel kita bisa juga memanfaatkan VESA mount. Ukuran VESA Mount yang disediakan adalah 75 x 75mm. Dengan adanya VESA mount ini kita bisa hubungkan atau pasang langsung kepada monitor bracket yang kita sudah punya.

Selanjutnya untuk port yang ditawarkan dari monitor Acer EK240Y ini terbilang cukup ekonomis. Hanya ada:

  • 1x port HDMI
  • 1x port VGA input 
  • 1x port power

Untuk keamanan yang lebih sudah disediakan juga Kensington lock dibagian belakang tepatnya disisi kanan bawah, ini akan berguna banget untuk kita untuk menghindari unit dicuri orang.

Dalam pengaturan monitor, kita dapat mempergunakan 5 tombol di bagian bawah monitornya yang ditemani dengan led indikator berwarna biru yang akan menyala pada saat monitor ini standby. Mulai dari tombol yang paling kiri ini berfungsi untuk sebagai tombol power jika ditahan dan juga bisa berfungsi sebagai pemilihan mode layar yaitu Mode sRGB, Reading, DarkRoom, User, Standard, Graphics dan Movie.

Untuk tombol kedua dan ketiga, ini bisa dikonfigurasikan lebih lanjut menjadi shortcut kepada fungsi tertentu seperti untuk brightness ataupun kontras ataupun beberapa opsi lainnya yang ada dimonitor ini. Dan tombol keempat gunanya untuk pengaturan akan input source, dan yang terakhir adalah untuk masuk kepada menu utama.

Secara umum kelima tombol ini akan berubah fungsinya tergantung dengan yang ditayangkan di layar.  tombol ini bisa berfungsi menjadi navigasi bisa menjadi tombol back, bisa menjadi tombol enter tergantung dengan kita sedang berada di sub menu yang mana. Untuk Picel sih secara preferensi masih lebih mending mempergunakan tipe joystick karena akan lebih mudah untuk bernavigasi di menunya.

DISPLAY QUALITY

Monitor Acer EK240Y memiliki layar sebesar 23.8 Inch dan panelnya mempergunakan IPS, dengan aspek ratio 16:9. Dengan penggunaan panel IPS, Maka layarnya memiliki viewing Angle nya cukup lebar yaitu hingga 178 derajat. Sehingga tidak ada distorsi gambar di layar ketika kita melihat dari sisi samping atas ataupun bawah dari monitor ini. Dan juga untuk panelnya ini memiliki matte finish sehingga tidak memantulkan cahaya se ekstrim ketika panelnya mempergunakan glossy finish.

Monitor Acer EK240Y memiliki Kontras rasio sebesar 1000 berbanding 1. Dengan kontras ratio tersebut gambar yang dihasilkan dari monitor ini terlihat jelas dan dapat menghasilkan warna yang cukup baik. Ini juga ditopang oleh tingkat brightness yang berada di 250 CD/ m2.

Dan kemudian untuk response time nya adalah sebesar 5 milisecond untuk Grey to Grey. Response time tersebut tidak proporsional untuk gamer ESPORT yang membutuhkan response time yang cepat layaknya monitor gaming pada umumnya yang berada pada 1 millisecond response time. Namun buat kita yang casual gamer di pc atau di console harusnya tidak ada masalah yang berarti.

Dalam urusan Resolusi, monitor ini mendukung resolusi maksimal hingga full HD 1920 x 1080, dengan maksimum refresh rate hingga 60Hz.

Dan buat kita yang berencana mau mempergunakan monitor ini dalam photo ataupun video editing, layar ini sudah memiliki color support sebesar 16.7 juta. Dan untuk color coverage dari monitor ini adalah 72% NTSC. ini bisa menjadi pertimbangan terutama buat kita yang sedikit concern tentang color coverage.

Dengan kualitas layar seperti ini sudah lebih dari cukup terutama buat kita yang hanya membutuhkan untuk office, sekolah hingga casual gaming. Picel coba main game Casual seperti GTA 5 hingga game bertempo tinggi seperti CS Go dan Resident Evil 6 sangat baik dan kualitas gambar yang ditampilkan juga lebih dari cukup.

Terakhir untuk menjaga agar mata kita tidak gampang lelah saat mempergunakan monitor dalam jangka waktu yang cukup panjang, maka monitor dari Acer EK240Y ini sudah dilengkapi dengan fitur Blue Light Shield.  dengan fitur ini maka kita bisa mengurangi tingkat blue light hingga 50%, dan opsi ini tersedia di bagian menu kemudian pictures, dan dari situ kita bisa atur tingkat bluelight nya sesuai dengan preferensi pribadi kita.

POWER

Monitor Acer EK240Y ini dalam penggunaannya harus mempergunakan adaptor yang sudah dibundling dalam paket penjualan. Spesifikasi daya dari adaptornya adalah 12 volt 2 Ampere, sehingga secara total dayanya adalah 24 watt.

Penggunaan daya dari monitor ini tergolong standard lah, pada saat penggunaan akan membutuhkan daya 20 watt secara maksimal dan 0.3 watt pada saat standby.

SUMMARY

Overall menurut pendapat pribadi Picel, monitor dari Acer EK240Y ini merupakan sebuah monitor budget level yang bisa menjawab kebutuhan dari kebanyakan kita saat ini. Jika butuh monitor standard dengan spesifikasi yang cukup memenuhi produktifitas harian kita, maka monitor ini bisa menjadi jawabannya.

Spesifikasi monitor ini pun tergolong cukup lah untuk sehari-hari. Dengan penggunaan panel IPS, resolusi Full HD, color coverage 72% NTSC, hingga contrast ratio 1000:1 menjadikan paket komplit untuk sebuah monitor entry level seperti ini.

Monitor Ini dibanderol dengan harga 1,64 juta sehingga begitu ekonomis buat kita yang sedang mencari monitor namun hanya punya budget di range harga satu jutaan.

Paling concern terkait dengan produk ini adalah sama seperti monitor Acer yang EK220Q, keduanya tidak memiliki port audio output ataupun speaker internal dari monitor ini. Sehingga setiap kita colokkan monitor ini via port HDMI ke laptop contohnya, maka kita harus ubah manual audio sourcenya kembali ke laptop agar suaranya bisa keluar di laptop. Selebihnya monitor ini sudah menjawab kebutuhan Picel sih.

Jadi paling itu aja review dari Picel kali ini terkait dengan Monitor Acer EK240Y. Dan kalian bisa tonton video review untuk monitor ini melalui link dibawah ini ya.

Youtube Video

Monitor 24 inch dengan harga 1 jutaan dari Acer – Acer EK240Y A Monitor Review Indonesia

Gallery