Kalau jam tangan 1 jutaan keatas sudah jadi mainstream, kali ini Picel mau coba bahas satu smartwatch ekonomis yang secara design mirip dengan smartwatch paling populer saat ini.

Halo gais, balik lagi bersama Picel. Dan kali ini kita akan bahas sebuah smartwatch generic tanpa merk namun dengan kode W4. Iya memang beberapa dari kita mungkin akan menganggap smartwatch ini tidak worthed, namun buat beberapa dari kita bisa jadi hanya punya budget yang terbatas sehingga biar bisa jadi pertimbangan juga.

UNBOXING

Untuk penampakan kotak ini dibalut dengan kotak berwarna putih yang memiliki aksen garis orange ditengahnya. Didepan kotak terrdapat 3 warna smartwatchnya yaitu warna rose gold, putih silver dan hitam dan model yang kita review kali ini adalah yang berwarna putih silver. Kemudian disebelah kanan hanya ada tulisan W4 dan juga highlight fitur dari produk ini.

Dalam kotaknya, kita akan langsung menemukan smartwatchnya, beserta dengan manual dalam bahasa inggris dan mandarin, kemudian chargernya yang masih model jepit begini. Selebihnya tidak ada apa-apa dalam paket penjualannya.

DESIGN & BUILD QUALITY

Secara tampilan ini gak usah Picel mention lagi, pasti kita semua udah tau mirip apa. Tampilannya bener-bener serupa mulai dari layar, bezel hingga model strap.

Fokus ke module watchnya, ini memiliki dimensi 3.9 x 4.4 cm dengan ketebalan 1.2cm dan berat 34 gram atau 49 gram jika dengan strapnya.

Untuk urusan layar, ini dilapisi oleh kaca yang standard dan belum gorilla glass, sehingga akan rentan lecet. Walaupun begitu, layarnya ini sudah mempergunakan 2.5D glass sehingga sampingnya ada lekukan sebagai pemanis designnya.

Jika dilihat sekilas, memang dimensi kacanya ini besar. Tapi untuk ukuran layar efektifnya hanya sebesar 2.3 x 2.3 cm. Jadi berasa banget besarnya bezel layar, dan ya maklum lah untuk smartwatch budget seperti ini. Ini agak sedikit mengecewakan sih karena di kotaknya gambarnya full, namun aslinya banyak banget cropnya.

Layarnya ini mempergunakan teknologi color LCD dan resolusi 240×240. Dan layarnya ini juga sudah touchscreen sehingga kita bisa bernavigasi hanya dengan menyentuh layarnya saja. Untuk navigasi cepat, ada beberapa swipe dari homescreen yang didukung yaitu untuk swipe up akan masuk ke menu, swipe down untuk notifikasi, swipe left untuk melihat jumlah langkah, dan swipe right untuk QR code aplikasi pendukung smartwatch ini.

Pengaturan layarnya ini bisa dibilang hampir tidak ada, bahkan untuk pengaturan brightness pun tidak ada baik secara langsung di smartwatch atau melalui aplikasi di HP. Pengaturan yang berkaitan sama layar hanya ada yang bernama bright screen yaitu ketika kita angkat smartwatchnya maka layarnya akan otomatis hidup.

Disebelah kanan ada crown yang bisa diputer-puter ataupun dipencet. Namun fungsi yang berfungsi hanya jika kita pencet saja, jadi mau kita putar gimanapun, gak ada pengaruh apa-apa ke navigasi ataupun hal dalam smartwatchnya. Dibawahnya juga ada seperti tombol, yang rupanya Cuma design aja dan tidak bisa diapa-apain juga.

Dibagian belakang dari smartwatchnya ini terdapat sebuah sensor untuk mendeteksi detak jantung dan juga dibawahnya terdapat dua pin untuk charging,  yang nanti Picel akan bahas lebih lanjut. Beralih ke strap watchnya, ini mempergunakan karet silikon dan dalam kondisi Picel berwarna putih. Strapnya ini terbagi menjadi dua bagian, namun yang menjadi concern Picel ada dibagian atas strapnya yang menjadi weak point karena agak rentan untuk putus.

FITUR

Smartwatch W4 ini merupakan sebuah basic smartwatch dimana bisa berguna sebagai jam seperti biasa namun ada beberapa fitur tambahan.

Terkait dengan fitur kesehatan ada beberapa fitur yang bisa dilakukan oleh smartwatch ini. Mulai dari mencatat jumlah langkah harian, atau aktifitas olahraga kita yaitu seperti lari, sit-up, skipping, dan beberapa cabang olahraga seperti basket, badminton, tennis, sepeda, volley, dan masih banyak lagi yang lain. Walaupun begitu ini sepertinya hanya diversifikasi secara judul saja karena secara umum yang direcord hanya terdiri dari 2 variable yaitu kalori yang terbakar dan juga durasi olahraga.

Dan ada juga fitur untuk mendeteksi detak jantung, tekanan darah hingga kadar saturasi oksigen darah atau spO2. Dalam mendeteksi ketiga hal tersebut, dibutuhkan waktu sekitar 18-20 detik dalam satu kali proses pengecekan. Dan tidak ada record yang tercatat di smartwatch untuk history hasil pengecekan yang kita sudah lakukan sehingga akan langsung hilang begitu saja hasilnya.

Pada saat pendeteksian detak jantung, maka akan ada indicator berwarna hijau dibagian bawah dari smartwatchnya.

Oh iya untuk pengaturan tambahan terkait dengan smartwatch ini bisa mempergunakan aplikasi pendukung di Handphone baik android ataupun iOS. Nama aplikasinya adalah Fitpro yang bisa ditemukan di Appstore ataupun di play store atau kalau mau download apknya juga bisa dengan scan barcode yang disediakan langsung di smartwatchnya.

Nanti di aplikasi Fitpro kita akan menemukan informasi yang lebih Lengkap seperti history Langkah, detak jantung, dan aktivitas fisik yang kita sudah pernah lakukan. Dan jika kita mau pengaturan lebih lanjut terkait dengan smartwatch ini, maka ada di bagian Set. Disitu kita dapat mengatur beberapa setting seperti pencarian smartwatch, remote shutter camera, pengaturan notifikasi di smartwatch, alarm, dan ada beberapa fitur lainnya.

Fiturnya sih basic banget, dan tidak bisa ditambah dengan aplikasi-aplikasi luar, bahkan untuk notifikasi pun kita hanya bisa melihat notifnya saja dan tidak ada respons yang bisa dilakukan lagi. Aplikasi yang didukung untuk notifikasi hanya seperti telepon, sms, facebook, twitter, line, whatsapp, dan beberapa aplikasi populer lainnya.

Dan dengan smartwatch ini, kita bisa pergunakan untuk menjadi timer kamera handphone kita, walaupun tidak ada gambar yang bisa terlihat di smart watch. Selebihnya tidak ada hal yang terlalu menarik lagi terkait dengan aplikasi fitpro ini ataupun fitur dari smartwatch ini.

BATTERY

Urusan daya, smartwatch ini memiliki internal battery sebesar 200mAH yang dapat bertahan penggunaan normal 3 sampai 4 hari dengan tingkat notifikasi 20 hingga 30 per harinya. Untuk melihat kondisi baterainya sayangnya kita hanya bisa melihat status baterainya dari satu theme saja dan itupun tidak ada persentase detail.

Yang menarik sekaligus mengecewakan disini adalah jenis chargernya yang mempergunakan tipe capit dengan dua pin konektor. Capitnya ini berbahan dari plastic dan terkesan jadul banget, apalagi untuk jaman sekarang dimana mayoritas sudah mempergunakan pin magnetic. Untuk pengisian dayanya, chargernya bisa dicolokkan ke powerbank, laptop ataupun charger handphone pada umumnya. Dan untuk pengisian daya dari kosong hingga penuh akan membutuhkan waktu kurang dari 1 jam.

SUMMARY

Overall, menurut pendapat pribadi Picel, Smartwatch W4 ini merupakan jam tangan pintar yang basic banget sih sebenarnya. Memang ada fitur seperti mencatat jumlah Langkah, aktivitas olahraga, tekanan darah dan juga detak jantung namun lebih dari itu tidak ada yang terlalu special dari smartwatch ini. Kita juga tidak bisa terlalu banyak menyampaikan kekurangannya mengingat bandrol Harga yang berada di budget level.

Smartwatch W4 ini dibanderol dengan Harga 200 ribuan dan dirange harga segini memang bisa dapat beberapa smartwatch dengan ukuran yang lebih ringkas namun fitur yang lebih kuat. Tapi itu kembali lagi kepada preferensi pribadi kita. Apalagi ini menawarkan design ala-ala smartwatch yang populer banget kan, tapi dengan fitur basic banget. Yaa, apa yang kita bayar,  ya itu yang kita dapat sih.

Jadi paling itu aja review dari Picel kali ini terkait dengan Smartwatch W4. Dan kalian bisa tonton video review untuk laptop ini melalui link dibawah ini ya.

Youtube Video

Gimana sih rasanya jam tangan 200 ribuan? Smartwatch W4 Unboxing & Review Indonesia

Gallery